Hubungan antara Self Control dengan Perilaku Agresi Verbal pada Remaja di Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang
Keywords:
Remaja, Self-Control, Perilaku Agresi VerbalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran self control pada remaja di Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang, (2) Gambaran perilaku agresi verbal pada remaja di Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang dan (3) Hubungan antara self control dengan perilaku agresi verbal pada remaja di Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 45 remaja dengan usia dan jenis kelamin yang berbeda. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sampling jenuh. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner/angket dan diolah menggunakan analisis statistik yang meliputi korelasi product moment dari Pearson dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar remaja di Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang memiliki self control yang berada pada kategori tinggi sebanyak 37 orang dengan tingkat persentase 82,2% sedangkan perilaku agresi verbal berada pada kategori sangat rendah sebanyak 27 orang dengan tingkat persentase 60%. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa antara self control dan perilaku agresi verbal terdapat hubungan negatif yang kuat ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,777 . Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan dalam Bimbingan Konseling mengenai hubungan antara self control dengan perilaku agresi verbal pada remaja serta dapat dijadikan bahan kajian bagi mahasiswa guna memperkaya sumber bacaan. Dengan demikian bahwa terdapat hubungan negatif yang kuat antara variabel self control dan perilaku agresi verbal, yang artinya semakin tinggi self control pada remaja maka semakin rendah perilaku agresi verbal, begitu juga sebaliknya.
References
Alfany, S. S. (2018). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Agresi Pada Siswa Sma Negeri 3 Demak (Doctoral dissertation, Fakultas Psikologi UNISSULA)
Amaliyyah, R. (2021). Hubungan Self Control Dengan Perilaku Agresi Verbal Peserta Didik Di Smp Negeri 17 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021. 6.
Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
Auliya, M., & Nurwidawati, D. (2014). Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Agresi pada Siswa SMA Negeri 1 Padangan Bojonegoro. Jurnal Character, 2(3), 1–6. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/10992
Azwar, Saifuddin. (2005). Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Azwar, Saifuddin. (2009). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
[BPS] Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Indonesia Tahun 2020. Jakarta Pusat: Badan Pusat Statistik'
Fuadiana, K. (2021). Hubungan Self Control Dengan Agresivitas Verbal Pada Siswa SMP Al-Islam Krian.
Karim, A. F. (2019). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Agresi Verbal Pada Siswa Di SMP Negeri 4 Ungaran. Jurnal Penelitian Psikologi, VI(2), 1–8.
Lalitya, L., & Tedjasaputra, M. S. (2019). Efektifitas Differentiated Reinforcement of Incompatible Behavior (Dri) Dalam Menurunkan Perilaku Agresi Verbal Pada Remaja Dengan Moderate Intellectual Disability. Journal of Psychological Science and Profession, 3(2), 105. https://doi.org/10.24198/jpsp.v3i2.21616
Nurfaujiyanti. (2012). Hubungan Pengendalian Diri (Self-Control) Dengan Agresivitas Anak Jalanan
Priyatno, Duwi. (2011). Buku SPSS Analisis Statistik Data. Yogyakarta: Mediakom
Purnomo, A. Rochmat. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. Ponorogo: Wade Droup
Rachdianti, Y. (2011). Hubungan antara self-control dengan intensitas penggunaan internet remaja akhir. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulah, 40–41. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/2732/1/YUNIAR RACHDIANTI-FPS.PDF
Serena, M. K. (2014). Pengaruh kecerdasan emosi dan self control terhadap agresivitas remaja pengguna game online. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29310%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/29310/1/MEGATASYA KURNIA SERENA-FPSI.pdf
Sugiyono 2014. Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta
Thalib, Syamsul Bahri. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana. Dari Google Books, (Online), https://www.google.co.id/books/edition/Psikologi_Pendidikan_Berbasis_Analisis_E/gHADwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=psikologi+pendidikan&printsec=frontcover diakses pada 02 september 2021
Yunalia, E. M., & Etika, A. N. N. (2020). Analisis perilaku agresif pada remaja di sekolah menengah pertama. JHeS (Journal of Health Studies), 4(1), 38–45. https://doi.org/10.31101/jhes.1358
Zahri, H., & Savira, I. (2017). Pengaruh Self-Control Terhadap Agresivitas Remaja Pada Pelajar SMP dan SMU di Sekolah Perguruan Nasional. Jurnal JP3SDm, 1–10. ejournal.borobudur.ac.id › index.php › psikologi › article › download