Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Pemahaman Bahaya Perilaku Seks Bebas Siswa SMP Negeri 1 Borong

Authors

  • Avelina Novia Pahlawati Universitas Nusa Cendana
  • Muhamad D. Pua Upa Universitas Nusa Cendana
  • Putu Agus Indrawan Universitas Nusa Cendana

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Teknik Diksusi, Bahaya Perilaku Seks Bebas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan pemahaman bahaya perilaku seks bebas siswa SMP Negeri 1 Borong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pre test dan post test. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Borong dengan jumlah populasi 713 orang dan sampel 10 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket Pemahaman Perilaku Seks. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis uji beda paired sample t test dengan bantuan SPSS  Windows 26 Version. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diberikan treatment terdapat perbedaan peningkatan pemahaman Perilaku seks. Kontribusi bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan pemahaman bahaya perilaku seks bebas yaitu sebesar 17,3%. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok dapat digunakan oleh guru BK dalam meningkatkan pemahaman bahaya perilaku seks bebas pada siswa.

References

Aneka Sari, L. (2018). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Pemahaman Bahaya Seks Bebas Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Bandar Lampung. Skripsi Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam.

Sartika, M., & Yandri, H. (2019). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KONFORMITAS TEMAN SEBAYA. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1). https://doi.org/10.32939/ijcd.v1i1.351

Sarwono, S. W. (2012). Psikologi Remaja Jakarta: P. In TRaja Grafindo.

Tohirin. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. In Jurnal Fokus Konseling: Vol. 2.

Arifah. (2021). Journal of Tompotika: Social,. Meningkatkan Keterampilan Bertanya Melalui Teknik Diskusi Dalam , Vol. 2 No. 4.

Amti, P. D. E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakatra: Rineka Cipta.

Bachruddin, W. (2017). Pengaruh Penyuluhan Tentang Bahaya Seks. e-journal Keperawatan (e-Kp) Volume 5 Nomor 1 , Mei .

Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur. jurnal bimbingan dan konseling islam.Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta Vol. 3, No. 2, November .

Ghea Gendys. (2013). Penerapan bimbingan kelompok teknik home room untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya seks bebas. Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. Volume 1 Nomer 1, Januari

Hengka, N. A. (2021). Efektivitas Teknik Diskusi Dalam Bimbingan Kelompok Untuk. Jurnal Konseling dan Pendidikan Vol. 9, No. 4 .

Kurniawan, D. E. (2018). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama

Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying di Sekolah. jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan Volume 02 Number 01 .

Mu’awanah, E. d. (2009). Bimbingan Konseling Islami Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, M. (2019).buku Bimbingan Konseling “Konsep,. medan.

Nurhidayati, D. (2013). Pengembangan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Bahaya Seks. Jurnal Bimbingan dan Konseling UNESA Volume 01 Nomor 01 .

Nurihsan, A. (2006). Bimbingan dan konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Putra1, D. S. (2013). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok. jurnal Ilmiah Konseling Volume 2 Nomor 2 Juni .

Putri, G. G. (2013). Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Home Room Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Bahaya Seks Bebas. Journal Mahasiswa Bimbingan Konseling Volume 1 Nomer 1 Tahun .

Susanti, E. (2013). Persepsi Siswa Kelas Xi Smk Negeri 4 Surabaya Terhadap Perilaku Seks. Kajian Moral dan Kewarganegaraan Nomor 1 Volume 3 Tahun .

Respati. (2019). Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Perpustakaan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran .

Safitri1, H. H. (2022). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Dalam. Program Studi Bimbingan dan Konseling Vol. 5, No. 1, Januari .

Sari, R. M. (2017). Usaha Meningkatkan Informasi Seksual Dengan Menggunakan TeknikDiskusi Dalam Bimbingan Kelompok Pada Siswa

Kelas Xi Ipa 2 Sma Negeri 1 Gamping. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Pgri Yogyakarta

Sartika1, H. Y. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok. Indonesian Journal of Counseling & Development .

Sarwono, W. S. "Psikologi remaja edisi 5." Jakarta: PT Raja Grafindo Persada (2011).

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung, Alfabeta .

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: alfabetha.

Sukardi. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas. Yogyakarta: Bumi Askara .

Sukardi,. pengantar pelaksanaan program bimbingan dan konseling

disekolah, jakarta: renika cipta. 2008

Sari, L. a. (2018). PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN. Skripsi .

Tohirin. (2014). Bimbingan Konseling disekolah dan Madrasah Berbasis

Integrasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2024-11-19

Issue

Section

Articles