Masalah Etika Privasi Konseling: Etika Konselor Dalam Setting Konseling Komunitas
Keywords:
kode etik, konselor, setting konseling komunitasAbstract
Artikel ini mengulas permasalahan yang berkaitan dengan permasalahan etika profesi konselor dalam setting konseling komunitas. Pada saat ini perkembangan digital sangat pesat ini membutuhkan peningkatan kebutuhan akan privasi dan kerahasiaan informasi konseli. Khususnya dalam pelaksanaan layanan konseling komunitas, Dengan menggunakan metode kajian literatur dari buku kode etik terbaru yang diterbitkan oleh ABKIN dan jurnal ilmiah, menghasilkan penelitian etika konselor dalam setting konseling komunitas.artikel ini menyoroti solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah ini. dengan mengintegrasi pendekatan etika konselor dalam setting konseling komunitas artikel ini bertujuan untuk memberikan panduan yang bermanfaat bagi konselor, peneliti, dan praktisi dalam mengatasi masalah etika konselor yang berkaitan dengan setting konseling komunitas.
References
ABKIN. (2018). Kode Etik Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pengurus Besar ABKIN. ACA. (2005). ACA Code of Ethics. American Counseling Association.
Alvi, A., & Hastin, M. (2019). Stigma Guru Bimbingan Konseling (Mengubah Mainset Peserta Didik Terhadap Guru Bimbingan Konseling Melalui Keterampilan Komunikasi Interpersonal). Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 3(1), 11-14. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v3n1.p11-14.
Azizah, N. (2019). Layanan Konseling Berbasis Komunitas Bagi Klien di Balai Rehabilitasi Sosial. Komunika : Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 122.
Belinda, I., Gelgel, N. M. R. A., & Purnawan, N. L. R. (2008). Komunikasi Guru BK Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Pada SMP Negeri 3 Denpasar), 1–10.
Corey, G., Corey, M. S., & Callanan, P. (2011). Issue and Ethics in the Helping Professions. USA: Cengage Learning.
Handika, M., & Marjo, H. K. (2022). Etika Pelaksanaan Konseling Berbasis Online dengan Pemanfaatan Media dan Teknologi pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan https://doi.org/doi:https://doi.org/10.33394/jp.v9i1.4456.
Haryadi, R. (2018). Prospek Konseling Komunitas Bagi Individu Eks-Pecandu Narkoba (Studi Pada Lembaga Pasca-Rehabilitasi Narkoba Di Kota Semarang). Konseli, 75.
Hidayat, R. S. (2016). Pengembangan Instrumen Asesment untuk Mendeteksi Pengalaman Traumatis Penyintas Erupsi Gunung Berapi. Jurnal Psikologi Undip, 1-10.
Hunainah. (2016). Etika Profesi Bimbingan Konseling. Bandung: Rizqi Press. Irmansyah. (2020). Kinerja Guru Bimbingan Islam di Sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 41–62. Diambil dari http://194.31.53.129/index.php/Irsyad/article/view/1964/2034
Saman, A., Thalib, S. B., & Bakhtiar, M. I. (2018). Konselor Sebaya di Sekolah: Upaya Penanganan Masalah pada Siswa SMK Telkom Makassar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 507–511.
Lewis, J. L. (2011). Community Counseling: A Multicultural-Social Justice Perspektive. Belmont: CA: Brooks/Cole, Cengange Learning.
Madu, K., Indrawan, P. A., & Apriliana, I. P. A. (2024). Pengaruh Beban Kerja terhadap Kinerja Guru BK dalam Pengentasan Masalah Belajar Siswa SMA Negeri di Kabupaten Manggarai Timur. Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora, 2(3).
Nuzliah, N., & Siswanto, I. (2019). Standarisasi Kode Etik Profesi Bimbingan Dan Konseling. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 64. https://doi.org/10.22373/je.v5i1.8172
Pedersen, M. R. (2014). Counseling for Multiculturalism and Social Justice. Alexandria: VA: American Counseling Association.
Purwaningsih, H. (2021). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Melayani Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Educational: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 1(1), 36 44. https://doi.org/10.51878/educational.v1i1.53.
Susanti., R., Riswani, & Bakhtiar., N. (2018). Kejenuhan di Kalangan Guru Bimbingan dan Konseling di SMAN Provinsi Riau. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 1(2), 92-104. http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v1i2.6142.
Wardani, I. K., & Hariastuti, R. T. (2009). Mengurangi Persepsi Negatif Siswa Tentang Konselor Sekolah dengan Strategi Pengubahan Pola Pikir (Cognitive Restructuring). Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (Prodi BK FIP Unesa), 10(2).
Zamroni, S. &. (2019). Teori dan Praktik Pemahaman Individu Tehnik Testing. Jakarta: Prenada Media Group.