Inovasi Digital dalam Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Membangun Ketahanan Mental di Era Society 5.0
Keywords:
bimbingan dan konseling, inovasi digital, ketahanan mental, society 5.0Abstract
Kemajuan teknologi di era Society 5.0 mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, salah satunya layanan Bimbingan dan Konseling. Teknologi ini dapat meningkatkan akses ke sumber daya kesehatan mental, tetapi juga dapat meningkatkan risiko stres, kecemasan, dan isolasi sosial. Oleh karena itu, ketahanan mental yang kuat sangat penting bagi setiap individu untuk berkembang secara optimal. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis berbagai inovasi digital yang dapat dimanfaatkan dalam layanan Bimbingan dan Konseling di era Society 5.0. Pada penelitian ini menggunakan metode studi literatur, yaitu pengumpulan data dari berbagai sumber terkait inovasi digital dalam layanan Bimbingan dan Konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi digital seperti konseling daring, aplikasi mobile, kecerdasan buatan, dan penggunaan media sosial dapat meningkatkan aksesibilitas dan efektivitas layanan bimbingan dan konseling. Namun tantangan seperti privasi dan keamanan data individu harus lebih diperhatikan. Di era saat ini, inovasi digital dalam layanan Bimbingan dan Konseling memiliki potensi besar untuk meningkatkan ketahanan mental individu. Strategi holistik yang menggabungkan teknologi dengan interaksi sosial yang sehat dapat memberikan dukungan yang lebih komprehensif bagi kesehatan mental masyarakat
References
Ahmad Saiful Rizal. (2023). Relevansi Growth Mindset dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Era Society 5.0. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 21(2), 79–90. https://doi.org/10.35905/alishlah.v21i2.8048
Amri, Z. & Prasetya, A. (2022). Implementasi Cyber Counseling Sebagai Inovasi dalam Peningkatan Layanan Bimbingan Konseling di Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Antarbangsa Bimbingan dan Konseling (pp. 1596-1617).
Apriliana, I. P. A. (2023). Experiences of Online Group-Counseling Based-Video Conference on High School Students in Indonesia. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 8(2).
Apriliana, I. P. A., Abel, R. M., Siagian, F. R. D., Wijaya, I. N. W. E., Ratu, K. T. R., Devi, R. A., & Lima, S. S. (2023). Generasi Milenial Cakap Digital; Penyuluhan Dan Pendampingan Remaja Di Kelurahan Bakunase Nusa Tenggara Timur. Kelimutu Journal of Community Service, 3(2), 30-36.
Arianti, A. E., Hidayah, N., & Wahyuni, F. (2023). Implementation of cyber counseling in the Merdeka Belajar curriculum in the era of society 5.0. JISTECH: Journal of Information Science and Technology, 3(2), 358-372.
Assan, M. C. S., Keraf, M. A., Uda, P. A., & Apriliana, I. P. A. (2024). Pengaruh Cyberbullying di Media Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Remaja Akhir di Kota Kupang. Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora, 2(2).
Ayuni, B. Q., Umaria, S. R., & Putri, A. (2021). Cybercounseling sebagai inovasi konselor menghadapi tantangan disrupsi pada era society 5.0. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 7(2), 100-108.
Burhani, I. K., Hidayah, N., & Wahyuni, F. (2024). Inovasi Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Era Society 5.0. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(2), 683- 698.
Harahap, A. C. P., lestari Sinaga, R. N., Harahap, A. D., Tanjung, D. A., Fatimah, H., Putri, Z., & Nanda, N. A. (2023). Peranan Media Dan Teknologi Dalam Layanan Konseling Online Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Siswa Sma Negeri 7 Binjai. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 2581-2588.
Handoko, F., Atha, A., Putra, S., & Purba, S. H. (2024). Analisis Efektivitas Konseling Online Melalui Aplikasi Riliv Sebagai Alternatif Layanan Psikologi Pada Pengguna di Indonesia. 3, 118–123.
Laila, M., Wibawa, A., Zaeni, I., & Zuhriyah, Z. (2021). Implementasi SCRUM pada Pengembangan Aplikasi Sistem ADI STETSA SMAN 4 Malang: Bidang Bimbingan Konseling. Jurnal Inovasi Teknologi dan Edukasi Teknik, 1(7), 526-535.
Mustamin, W., Santoso, B., & Sajidin, S. (2022). Indonesian Workers’ Mental Health Protection: An Urgency? Journal of Judicial Review, 24(2), 273. https://doi.org/10.37253/jjr.v24i2.7231
Muhyatun, M., & Fauziyah, N. (2022). Potret Kompetensi & Keterampilan Konselor di Era Society 5.0. Al Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 13(2), 31-40. Onday, O. (2019). Japan’s society 5.0: Going beyond Industry 4.0. Business and Economics Journal, 10(2), 1-6.
Permendikbud RI. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. In Jakarta: Kemendikbud RI (hal. 1– 45). https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014.pdf
Prayoga, A., Purwoko, B., & Habsy, B. A. (2024). Bimbingan dan Konseling Sekolah di Era Society 5.0: Sebuah Kajian Sistematis. JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR RAHMAN, 10(1), 52-61.
Putra, A. H. (2022). Bimbingan dan Konseling di perguruan tinggi pada era society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(1), 128-136.
Putri, M. (2023). Pemanfaatan cybercounseling pada layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(3), 181-190.
Rimayati, E. (2023). Cyber Counseling: Inovasi Layanan Bimbingan dan Konseling Di Era Digital. Asadel Liamsindo Teknologi.
Rusmawan, U. (2019). Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Shalahuddin, I., Rosidin, U., Purnama, D., Sumarni, N., & Witdiawati, W. (2024). Pendidikan dan Promosi Kesehatan Mengenai Kesehatan Mental pada Siswa Kelas XII SMAN 1 Pangandaran. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 7(5), 2134–2146. https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i5.14290
Sari, O. K., Ramdhani, N., & Subandi, S. (2020). Kesehatan Mental di Era Digital: Peluang Pengembangan Layanan Profesional Psikolog. Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 30(4), 337-348.
Soleha, S. N., Hartini, H., & Rizal, S. (2023). Peran Media Dan Teknologi Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sma Negeri 1 Rejang Lebong. At-Taujih: Bimbingan dan Konseling Islam, 6(2), 17-29.
Subhan, M., & Nirwana, N. S. M. H. (2021). Bimbingan Konseling Dan Implementasinya (Masalah Dalam Praktek Bimbingan Konseling Di Era Digital Dan Bagaimana Mengatasinya?). Inovasi Pendidikan, 8(1a).
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Wibowo, A. E. (2021). Keterampilan E-Counseling Bagi Konselor Pendidikan Dalam Meningkatkan Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah Pada Era Digital 5.0. Quanta Journal, 5(2), 67-78.
Widianto, K., Wibowo, S. A., & Sunarya, U. (2023). Klasifikasi Teks Berbasis Long Short Term Memory Untuk Chatbot Konseling Gangguan Kecemasan Sosial. Telkatika: Jurnal Telekomunikasi Elektro Komputasi & Informatika, 2(2).
Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 15-20.