Analisis Masalah Interpersonal Mahasiswa yang Timbul Akibat Konten Viral pada Platform Tiktok

Authors

  • Asti Nurcahyani Universitas Negeri Semarang
  • Bunga Aveline Azmi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Masalah Interpersonal, Konten Viral TikTok, Bimbingan dan Konseling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai bentuk masalah interpersonal  yang dialami oleh mahasiswa sebagai akibat dari paparan konten viral yang tersebar luas  melalui platform TikTok. Fenomena viralitas konten di media sosial, khususnya TikTok,  kerap kali memengaruhi cara individu berinteraksi secara sosial, membentuk opini pribadi,  serta dalam menilai diri sendiri maupun orang lain. Dalam konteks kehidupan mahasiswa,  hal ini berpotensi menimbulkan gangguan dalam hubungan sosial, seperti perasaan tidak  aman, kecemasan dalam berinteraksi, hingga kecenderungan membandingkan diri secara  berlebihan dengan orang lain yang dapat merusak kepercayaan diri dan memperburuk  kualitas hubungan interpersonal. Penelitian ini menggunakan desain studi pustaka  (literatur review) yang mengkaji berbagai referensi baik dari sumber nasional maupun  internasional yang relevan dengan topik penelitian. Kajian ini juga berfokus pada  pengukuran dimensi-dimensi masalah interpersonal seperti kecemasan sosial, konflik dalam  hubungan, serta perbandingan sosial negatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa konten viral  TikTok dapat menimbulkan dampak psikososial, di antaranya meningkatnya rasa iri  terhadap kehidupan orang lain, hilangnya keaslian dalam interaksi sosial, serta munculnya  keinginan menarik diri dari lingkungan sosial akibat tekanan standar yang dibentuk oleh  media sosial. Oleh karena itu, layanan bimbingan dan konseling di perguruan tinggi sangat  diperlukan untuk menyusun strategi intervensi dan edukasi guna meningkatkan literasi  digital dan juga keterampilan interpersonal mahasiswa.

References

Apriliana, I. P. A. (2023). Experiences of Online Group-Counseling Based-Video Conference on High School Students in Indonesia. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 8(2).

Komunikasi, J., Salsabila, F., Agustina, P., Administrasi, F. I., & Malang, U. B. (2024).Verbal Dan Nonverbal Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. 2(7), 526–530.

Lovita, L., Dzakiyah, U., Angelika, R., & Natasya, Y. (2023). Analisis Pengaruh Media Sosial Melalui Aplikasi Digital Tiktok Sebagai Media Persuasif Terhadap Penerapan Etika Berkomunikasi Pada Mahasiswa. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 181–192.

Pahlevi, R., & Utomo, P. (2024). Gender dan Perilaku Sosial Mahasiswa: TikTok sebagai Tren Kekinian, Braggadocian Behavior hingga Hiperrealitas dan pengaruhnya terhadap Perilaku Mahasiswa di Kampus IKIP ‘SLW.’ Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 6(1), 25.

Palangan, N., & Wulan, R. R. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Pola Komunikasi Interpersonal Remaja Di Kota Jayapura. 11(2), 1631–1643.

Rahma, A., Azizi, H., Wulandari, L., Sahertian, N., & Sumanti, W. (2023). Dampak Penggunaan Media Sosial TikTok terhadap Perubahan Perilaku Sosial Mahasiswa. Cenderawasih Journal of Counseling and Education, 2(2), 58–67.

Published

2025-06-12

Issue

Section

Articles