Membangun Pendidikan Berkualitas: Peran Krusial Guru BK dalam Mengatasi Kecanduan Game Online pada Siswa

Authors

  • Maharani Fairuz Salsabila Universitas Negeri Semarang
  • Fadillah Faizatun Azzahra Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kecanduan game online, peran Guru BK

Abstract

Artikel ini merupakan kajian konseptual yang bertujuan untuk menganalisis dampak kecanduan game online terhadap penurunan minat belajar siswa serta peran strategis Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam mengatasi masalah tersebut. Kecanduan game online telah menjadi fenomena serius yang mengkhawatirkan, di mana banyak siswa menghabiskan waktu berlebihan untuk bermain game sehingga mengabaikan tanggung jawab akademiknya. Kondisi ini sering kali dipicu oleh pola asuh orang tua yang memberikan gadget sejak dini tanpa pengawasan, menyebabkan siswa kehilangan fokus belajar, menunda tugas, dan mengalami penurunan prestasi akademik. Hasil telaah literatur menunjukkan bahwa intervensi Guru BK melalui pendekatan preventif dan kuratif dapat membantu siswa mengendalikan kebiasaan bermain game secara berlebihan. Pendekatan preventif mencakup edukasi mengenai dampak negatif game online, sedangkan pendekatan kuratif dapat berupa konseling individu dan kelompok, pelatihan manajemen waktu, serta peningkatan motivasi belajar. Kolaborasi antara Guru BK, orang tua, guru mata pelajaran, dan pihak sekolah sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pengurangan ketergantungan pada game online. Dengan intervensi yang tepat, Guru BK berperan krusial dalam membantu siswa menyeimbangkan penggunaan teknologi dengan tanggung jawab akademik, sehingga dapat mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berkelanjutan.

References

Adiningtiyas, S. W. (2017). Peran Guru Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 4(1), 28–40. https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1121

Akbar, H. (2020). Penyuluhan Dampak Perilaku Kecanduan Game Online Terhadap Kesehatan Remaja di SMA Negeri 1 Kotamobagu. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 1(2), 42–47. https://doi.org/10.37385/ceej.v1i2.108

Annisa, T. H., & Atun, K. (2023). Membangun Pendidikan Berkualitas Dalam Mendukung Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan (Sdgs). Working Papper, 2008204074. https://repository.syekhnurjati.ac.id/12963/%0Ahttps://repository.syekhnurjati.ac.id/12963/1/4_Pembangunan Pendidikan Berkualitas - Copy.pdf

Ardhiya, A., Audina, R., Ramadani, K. L., Kalijaga, S., Islamic, S., Kalijaga, S., Islamic, S., Kalijaga, S., Islamic, S., & Author, C. (2022). Peran Konselor Dalam Mewujudkan Berkualitas Menuju Sdgs 2030. Proseding IOIGC, 2(1), 176–187.

Assan, M. C. S., Keraf, M. A., Uda, P. A., & Apriliana, I. P. A. (2024). Pengaruh Cyberbullying di Media Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Remaja Akhir di Kota Kupang. Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora, 2(2).

Batubara, A., & Dina, R. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Siswa Kelas Xi Di Smk Swakarya Binjai. Jurnal Serunai Bimbingan Dan Konseling, 11(2), 67–73. https://doi.org/10.37755/jsbk.v11i2.707

Bowen, W. G., Delbanco, A., Gardner, H., Hennessy, J. L., & Koller, D. (2013). Higher education in the digital age. Higher Education in the Digital Age, 628–638. https://doi.org/10.1515/9781400866137

Darmalaksana, W. (2020). Hasil dan Pembahasan untuk Artikel Konseptual. Jurnal Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin, 1(2), 1–8.

del Barrio, V. (2004). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders. In Encyclopedia of Applied Psychology, Three-Volume Set (Vol. 1). https://doi.org/10.1016/B0-12-657410-3/00457-8

Fakhrozi, M. I., Wahyumiani, N., & Nurkholidah, E. (2023). Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kecanduan bermain game online pada siswa sekolah menengah pertama. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 8(1), 130–136.

Harun, F., & Arsyad, L. (2020). Dampak Game Online Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 1(2), 139–155. https://doi.org/10.58176/edu.v1i2.79

Holmarsdottir, H., Seland, I., & Hyggen, C. (2024). How can we understand the everyday digital lives of children and young people? In Understanding The Everyday Digital Lives of Children and Young People. https://doi.org/10.1007/978-3-031-46929-9_1

Jasa, H., Harahap, P., Fitriani, D., Apriyani, I., & Manuela, N. (2025). Fonetik Bahasa Jerman : Kajian Teoritis dan Praktis Dalam Konteks Linguistik. 3(2), 167–174.

Journal, E., Afrida, E., & Syahputra, I. (2024). Coution : Journal of Counseling and Education Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Kecanduan Game Online Higgs Domino ( Scatter ). 5, 107–114.

Karo, M. B., Pakpahan, R. E., & Sihombing, K. M. (2023). Gambaran Kecanduan Game Online Dan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas Xi Di Sma Deli Murni Delitua Tahun 2022. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 3(1), 37–44.

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Lebho, M. A., Lerik, M. D. C., Wijaya, R. P. C., & Littik, S. K. A. (2020). Perilaku Kecanduan Game Online Ditinjau dari Kesepian dan Kebutuhan Berafiliasi pada Remaja. Journal of Health and Behavioral Science, 2(3), 202–212. https://doi.org/10.35508/jhbs.v2i3.2232

Mai Sri Lena, Sartono Sartono, Sania Khairanis, & Tiara Emilia. (2023). Analisis Dampak Negatif Kecanduan Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(3), 139–144. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i3.1655

Nahak, M. S., Upa, M. D., & Apriliana, I. P. A. (2023). Hubungan Penyesuaian Diri dengan Keterampilan Problem Solving pada Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora, 1(3).

Prasasti, Intan. Ameli; Sitohang, Hesekiel; Fauziah, S. (2022). Prosiding Seminar Nasional Manajemen. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 1(2), 72–76. 38+Amelia+Intan+Prasasti+Hal+723-726

Putra Aryana, I. M. (2020). Pentingnya Mendesain Pembelajaran Menuju Pendidikan Berkualitas. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 304–318. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.456

Satura, A., & Rifayani, H. (2024). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Keterampilan Sosial Individu : Analisis Dampak dan Implikasi modern . Kemajuan teknologi , memudahkan akses ke game online melalui berbagai perangkat elektronik satu dampak kecanduan game online terhadap keterampila. Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi, 2(1), 219–233.

Simarmata, S. W., & Citra, Y. (2020). Kecanduan Internet Terhadap Keterampilan Sosial Di Era Generasi Milenial. Jurnal Serunai Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 16–21. https://doi.org/10.37755/jsbk.v9i1.281

Sun, R. Q., Sun, G. F., & Ye, J. H. (2023). The effects of online game addiction on reduced academic achievement motivation among Chinese college students: the mediating role of learning engagement. Frontiers in Psychology, 14(July), 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1185353

Suplig, M. A. (2017). Pengaruh Kecanduan Game Online Siswa SMA Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah Kristen Swasta Di Makassar. Jurnal Jaffray, 15(2), 177. https://doi.org/10.25278/jj71.v15i2.261

Syahdana, A., & Nurlela, N. (2021). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Negeri 36 Palembang. Jurnal Wahana Konseling, 3(1), 27–36. https://doi.org/10.31851/juang.v3i1.4869

Wesa, P. D. De, Nalle, A. P., Saba, K. R., & Abel, R. M. A. (2024). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Menangani Kecanduan Game Online Pada Siswa SMA Negeri 10 Kota Kupang. 2, 145–152.

Published

2025-06-12

Issue

Section

Articles