Pengaruh Pola Asuh Komunikasi Demokratis Orang Tua terhadap Perkembangan Sosial pada Remaja

Authors

  • Carissa Amanda Zahra Universitas Negeri Semarang
  • Maria Angelita Tibiana Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Pola asuh orang tua, komunikasi demokratis, perkembangan sosial, remaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komunikasi orang tua dalam mempengaruhi perkembangan sosial anak. Komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak diyakini memiliki kontribusi besar terhadap pembentukan kepribadian, keterampilan sosial, dan kemampuan anak dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi demokratis dari orang tua mampu meningkatkan rasa percaya diri anak, mengembangkan empati, serta mendorong anak untuk memiliki hubungan sosial yang sehat. Sebaliknya, pola komunikasi yang otoriter, tertutup, atau minim perhatian cenderung menyebabkan anak mengalami kesulitan dalam berinteraksi secara sosial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis dapat membantu remaja dalam mengembangkan keterampilan sosial yang penting untuk kehidupan mereka di masyarakat.

References

Amanullah, A. S. R., & Kharisma, D. K. (2022). Perkembangan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Emosi Anak dan Remaja. Almurtaja: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1–7.

Cintia Fajri Utami, Poppy Fitriyani, (2019), Pengaruh Pola Asuh Demokratif Terhadap Perkembangan Sosial Remaja. Jurnal Perawat Indonesia, Volume 3 No1, Hal 65- 71

Endang Pertiwi, Hendro Bidjuni et al., (2016), Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Sosial (Percaya Diri) Remaja di SMA Negeri Manado, e-journal Keperawatan Vol 4, No. 2

Masni, H. (2021). Peran Pola Asuh Demokrais Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Siswa. Jurnal Imiah Dikdaya, 58–74.

Nahak, M. S., Upa, M. D., & Apriliana, I. P. A. (2023). Hubungan Penyesuaian Diri dengan Keterampilan Problem Solving pada Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora, 1(3).

Neila Sulung, Genta Sakti, (2021), Komunikasi Keluarga Dan Pola Asuh Dengan Kecerdasan Emosional Anak Usia 5 –18 Tahun, Jurnal Kesehatan Perintis

Novia, Y Dwikurnianingsih, (2023), Hubungan Pola Asuh Orang Tuadan Komunikasi Interpersonal dengan Interaksi Sosial Remaja Karang Taruna Grogol RW 07Blotongan Salatiga, Jurnal Ilmiah Wahana

Prihartono, A., Suryana, Y., & Respati, R. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 999–1007. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i4.41896

Rugayah, R., Gutji, N., & Wahyuni, H. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Perkembangan Sosial pada Masa Remaja di SMP Negeri 17 Kota Jambi. Journal on Education, 5(2), 2914–2922. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.941

Ruzea, I., Aliza, N., Afandes, M. F., & Yulianti, Y. (2023). Pengaruh Pola Komunikasi Demokratis Orang Tua terhadap Perkembangan Interaksi Sosial pada Anak. Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(2), 200–208. https://doi.org/10.30653/001.202372.276

Syahrul Syahrul, Nurhafizah Nurhafizah, (2021), Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19,Jurnal Basicedu.

Published

2025-06-12

Issue

Section

Articles