Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Control untuk Mengurangi Kecanduan Game Online pada Siswa SMA

Authors

  • Defriyanto Universitas Negeri Semarang
  • Mungin Eddy Wibowo Universitas Negeri Semarang
  • Sugiyo Universitas Negeri Semarang
  • Ernest Ceti Septyanti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Konseling Kelompok, Self-Control, Kecanduan Game Online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik self-control dalam mengurangi kecanduan game online pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Labuhan Maringgai, Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket skala Likert, wawancara, dan dokumentasi. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa Zhitung = -2,201 dan Ztabel = 1,96 dengan nilai signifikansi 0,028 < 0,05. Artinya, terdapat pengaruh signifikan dari layanan konseling kelompok dengan teknik self-control terhadap penurunan tingkat kecanduan game online. Temuan ini menunjukkan bahwa konseling kelompok dapat menjadi intervensi yang efektif dalam menangani masalah adiksi game online di kalangan pelajar.

References

Apriliana, I. P. A., & Nalle, A. P. (2025). Konseling Kelompok Teknik Symbolic Modelling untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kejuruan; Efektifkah?. Indonesian Journal of Educational Counseling, 9(1), 1-9.

Daulay, A. and Netrawati, N. (2023). Efektivitas bimbingan kelompok untuk mencegah kecanduan menonton live-streaming video game online SMA Negeri 14 Padang. Educaniora Journal of Education and Humanities, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i2.22

Fauziawati, W. (2015). Upaya mereduksi kebiasaan bermain game online melalui teknik diskusi kelompok. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 115. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i2.4483

Fijriani, F. and Amaliawati, R. (2017). Layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Teraputik Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 24. https://doi.org/10.26539/116

Giree, M. and Das, D. (2024). Effectiveness of structured intervention module on video game addiction among adolescents in Nepal. Journal of Advanced Academic Research, 11(1), 116–125. https://doi.org/10.3126/jaar.v11i1.65534

Hardi, E., Anastianto, F., Desmita, D., Syafwar, F., Jumiarti, D., & Yulitri, R. (2023). Gambaran tingkat kecanduan game online remaja dan implikasinya terhadap bimbingan dan konseling. Ristekdik Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(4), 503. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2023.v8i4.503-507

Islam, M., Biswas, R., & Khanam, R. (2020). Effect of internet use and electronic game-play on academic performance of Australian children. Scientific Reports, 10(1). https://doi.org/10.1038/s41598-020-78916-9

Macur, M. and Pontes, H. (2021). Internet gaming disorder in adolescence: Investigating profiles and associated risk factors. BMC Public Health, 21(1). https://doi.org/10.1186/s12889-021-11394-4

Marfuatun, M., Robyanto, S., & Aulia, F. (2024). Layanan konseling kelompok dengan pendekatan REBT sebagai upaya mengurangi kecanduan bermain game online remaja. Ristekdik Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 98. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i1.98-104

Novrialdy, E., Nirwana, H., & Ahmad, R. (2019). High school students’ understanding of the risks of online game addiction. Journal of Educational and Learning Studies, 2(2), 113. https://doi.org/10.32698/0772

Prasetiawan, H., Barida, M., Handaka, I., Widyastuti, D., Wahyudi, A., Muyana, S., … & Saputra, E. (2023). Counselor strategies to reduce online gaming addiction through creative cognitive behavior counseling. Pegegog, 13(02). https://doi.org/10.47750/pegegog.13.02.18

Rahyuni, R., Yunus, M., & Hamid, S. (2021). Pengaruh game online terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Bosowa Journal of Education, 1(2), 65–70. https://doi.org/10.35965/bje.v1i2.657

Reza, R. and Mulawarman, M. (2021). Efektivitas konseling kelompok online pendekatan behavior teknik self management untuk mengurangi kecenderungan kecanduan game online siswa. Counsenesia Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 2(1), 22–30. https://doi.org/10.36728/cijgc.v2i1.1432

Safithry, E. and Anita, N. (2019). Konseling kelompok dengan teknik self management untuk menurunkan prasangka sosial peserta didik. Suluh Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 33–41. https://doi.org/10.33084/suluh.v4i2.624

Published

2025-06-12

Issue

Section

Articles