IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN: STUDY KASUS DI SMAN 1 SAROLANGUN PADA MATA PELAJARAN FISIKA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan agar proses pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan hasil dan prestasi yang baik bagi generasi bangsa dan negara. Proses pembelajaran harus disertai dengan strategi pembelajar yang mampu membantu menjelaskan dengan baik. Proses belajar mengajar yang terjadi tentu tidak terlepas dari adanya peran seorang guru, yang mana peran seorang guru tidak dapat digantikan oleh piranti elektronika semodern apapun. Hal ini dikarenakan bahwa dalam proses belajar mengajar, yang diinginkan bukan hanya menyampaikan bahan belajar, namun guru tersebut mempunyai peranan sebagai pembimbing, pendidik, mediator, dan fasilitator. Persoalan pokok dalam proses pembelajaran adalah bagaimana menentukan dan menggunakan strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran akan menentukan jenis interaksi pada proses pembelajaran. Strategi pembelajaran yang digunakan harus berimbas pada aktifitas belajar yang baik, sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai secara maksimal. Untuk dapat tercapainya informasi dan tujuan dari Pendidikan tersebut maka seorang guru harus dapat memahami dan mengetahui bagaimana ilmu pengetahuan itu dapat diterima dan dipahami dengan baik oleh peserta didik, Oleh karena itu guru harus menguasai strategi pembelajaran.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Fisika, Dunia Pembelajaran, Fisika
Abstract
This research aims so that the learning process can improve the skills of good results and achievements for the generation of the nation and state. The learning process must be accompanied by learning strategies that are able to help explain well. The teaching and learning process that occurs certainly cannot be separated from the role of a teacher, where the role of a teacher cannot be replaced by any modern electronic device. This is because in the teaching and learning process, what is desired is not only to convey learning material, but the teacher has a role as a mentor, educator, mediator, and facilitator. The main problem in the learning process is how to determine and use learning strategies. The learning strategy will determine the type of interaction in the learning process. The learning strategy used must have an impact on good learning activities, so that learning objectives can be achieved optimally. To be able to achieve information and educational goals, a teacher must be able to understand and know how science can be accepted and understood well by students. Therefore, teachers must master learning strategies.
Keywords: Learning Strategy, Physics Learning, Learning World, Physics