ANALISA MODEL PEMBELAJARAN BEHAVIORAL SYSTEM DI SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI
Abstract
Abstrak
Telah dilakukan penelitian di SMAN 4 Kota Jambi pada guru mata pelajaran fisika yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara melakukan pendekatan model pembelajaran behavioral system. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku disiplin antar anak. Menurut teori, behavioristik adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya stimulus dan respon. Teori belajar behavioristik menjelaskan belajar itu adalah perubahan perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dinilai secara konkret. Perubahan terjadi melalui rangsangan (stimulans) yang menimbulkan hubungan perilaku reaktif (respon) berdasarkan hukum-hukum mekanistik. Stimulans tidak lain adalah lingkungan belajar dari anak, baik secara internal maupun secara eksternal. Sedangkan respon adalah akibat atau dampak yang berupa reaksi fisik terhadap stimulans.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Behavioral, Pembelajaran Fisika
Abstract
Research has been carried out at SMAN 4 Jambi City on physics subject teachers which aims to find out how to approach the behavioral system learning model. This study also aims to determine differences in disciplinary behavior between children. According to the theory, behaviorism is a change in behavior as a result of a stimulus and response. Behavioristic learning theory explains that learning is a change in behavior that can be observed, measured, and assessed concretely. Change occurs through stimuli (stimulants) that cause a reactive behavior relationship (response) based on mechanistic laws. Stimulants are none other than the learning environment of children, both internally and externally. While the response is the result or impact in the form of a physical reaction to a stimulant.
Keywords: Learning Methods, Behavioral, Physics Learning