PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA KARAKTERISTIK SISWA DAN KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN 1 KABUPATEN BUNGO
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Discovery Learning terhadap karakteristik siswa dan karakteristik pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Kabupaten Bungo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sampel pada penelitian ini adalah seorang guru mata pelajaran fisika. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara bersama guru mata pelajaran fisika. Selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan perubahan karakteristik peserta didik yang sangat signifikan hasil dari penggunaan metode pembelajaran Discovery Learning yang sangat cocok jika diterapkan dalam proses pembelajaran sebab dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dan dapat meningkatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik dengan cukup baik.
Kata kunci: Discovery Learning, Karakteristik Peserta Didik, Pembelajaran Fisika
Abstract
The purpose of this study is to find out the influence of Discovery Learning learning methods on student characteristics and physical learning characteristics in Sma Negeri 1 Bungo Regency. This research is descriptive research using a qualitative approach. The sample in this study was a physics subject teacher. The data was collected using interview methods with physics subject’s teachers. The data was analyzed using Miles and Huberman. The results of this study showed a very significant change in the characteristics of learners resulting from the use of Discovery Learning methods that are very suitable if applied in the learning process because it can improve the learning achievement of learners and can improve the cognitive, affective, and psychomotor aspects of learners quite well.
Keywords: Discovery Learning, Characteristics of Learners, Physics Learning