IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI GAYA DI KELAS VIII SMP

Authors

  • Jeni P. Nenoliu Universitas Nusa Cendana
  • R.N.K Mellu Universitas Nusa Cendana
  • D. Langtang Universitas Nusa Cendana

Abstract

Abstrak

Miskonsepsi merupakan suatu konsep yang tidak sesuai dengan konsep yang diakui oleh para ahli, sehingga perlu diperbaiki dan diidentifikasi. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi gaya di kelas VIII SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Sekabupaten Timor Tengah Selatan, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Soe, SMP Kristen 2 Soe dan SMP Kristen 1 Soe pada materi gaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian jenis survey. Metode survey adalah penelitian yang dilakukan dengan menggunakan soal sebagai alat penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut, sehingga ditemukan kejadian relatif dan distribusi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes soal diagnostik berupa multiple choice three teir test dengan alasan yang sudah ditentukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah editing, coding, tabulase. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan analisis CRI. Hasil penelitian menunjukan  bahwa persentase miskonsepsi siswa pada materi gaya yang paling tinggi di SMP N 2 Soe dengan persentase 30%, dibandingkan dengan SMP Kristen2 Soe dan SMP Kristen 1 Soe dan siswa yang paling banyak paham konsep gaya ada di SMP Kristen 1 Soe dengan persentase 59% dibandingkan dengan SMP Kristen 2 Soe dan SMP N 2 Soe. Hasil identifikasi miskonsepsi siswa pada materi gaya yaitu resultan gaya, arah gaya, gaya tak sentuh dan gaya sentuh, gaya berat, gaya normal pada bidang miring, pengaruh gaya.

 

Kata kunci: tes diagnostik, gaya, miskonsepsi. 

Abstract

The misconception is a concept that is not following the concept recognized by experts, so it needs to be corrected and identified. The purpose of this study is to identify students' misconceptions about style material in class VIII SMP. The population in this study were all students of SMP Sekabupaten Timor Tengah Selatan, while the research samples were class VIII students of SMP Negeri 2 Soe, SMP Kristen 2 Soe, and SMP Kristen 1 Soe on style. The research method used is quantitative with a survey type research method. The survey method is research conducted using questions as a research tool carried out on large and small populations, but the data studied are data from samples taken from that population, so that relative incidence and distribution are found. The instrument used in this study was a diagnostic test instrument in the form of a multiple-choice three-tier test with predetermined reasons. Data collection techniques used are editing, coding, tabulate. The data analysis technique used descriptive qualitative with CRI analysis. The results showed that the percentage of students' misconceptions about style was the highest at SMP N 2 Soe with a percentage of 30%, compared to SMP Kristen2 Soe and SMP Kristen 1 Soe and the students who understood the concept the most style were at SMP Kristen 1 Soe with a percentage of 59. % compared to SMP Kristen 2 Soe and SMP N 2 Soe. The results of the identification of students' misconceptions on the force material are the resultant force, the direction of the force, the non-touch force and the touch force, the gravity, the normal force on an inclined plane, the influence of the force.

Keywords: diagnostic tests, style, misconceptions.



Downloads

Published

2021-12-14