PROSEDUR PENGGUNAAN METODE BELAJAR PADA MATA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN 10 KOTA JAMBI DI ERA NEW NORMAL

Authors

  • Galuh Widiadinat Universitas Nusa Cendana
  • Deswalman Deswalman Universitas Nusa Cendana
  • M. Hidayat Universitas Nusa Cendana

Abstract

Abstrak

Penelitian yang dilalukan di SMAN 10 Kota Jambi pada guru mata pelajaran fisika yang bertujuan untuk mengetahui pengertian, kekurangan dan kelebihan metode belajar. Dalam pembelajaran fisika guru memerlukan beberapa metode belajar dalam proses mengajar  guna untuk membantu menjelaskan mengenai materi yang akan dibahas. Metode belajar ini terbagi menjadi 4 metode, yaitu : Metode Demonstrasi, Metode Eksperimen, Metode Inquiry, dan Metode Discovery. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data kualitatif berupa wawancara dengan guru. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan hasil yaitu pertama,  metode demonstarasi ini jauh lebih baik dari pada metode lain, seperti ceramah. Guru di SMAN 10 Kota Jambi saat menggunakan metode demonstrasi ini melihat materi yang akan diajarkan dan perlengkapan alatnya kemudian melihat situasi dan kondisinya. Keunggulan demonstrasi ini siswa lebih lama mengingat dan mengetahui alat Untuk kekurangannya metode ini membutuhkan waktu panjang, sehingga sulit untuk menghasilkan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode yang di guanakan saat offline dan online itu berbeda. Pada saat offline guru bisa melihat situasi di lapangan dan bisa berinteraksi dengan siswa, bisa melalukan pembelajaran bersama, guru dapat membimbing siswa secara langsung dan bisa mengarahkan metode demonstrasi dan ekperimen.

Kata kunci : pembelajaran, fisika, metode belajar, pembelajaran fisika

Abstract

The research was conducted at SMAN 10 Jambi City on physics subject teachers which aims to find out the meaning, disadvantages and advantages of learning methods. In learning physics, teachers need several learning methods in the teaching process in order to help explain the material to be discussed. This learning method is divided into 4 methods, namely: Demonstration Method, Experimental Method, Inquiry Method, and Discovery Method. This study uses a qualitative method. Qualitative data in the form of interviews with teachers. Based on the results of the study, the results obtained were first, this demonstration method was much better than other methods, such as lectures. The teacher at SMAN 10 Jambi City when using this demonstration method saw the material to be taught and the equipment and then saw the situation and condition. The advantage of this demonstration is that it takes students longer to remember and know the tools. The drawback is that this method takes a long time, making it difficult to draw conclusions. Based on the results of the study, it can be concluded that the methods used offline and online are different. When offline the teacher can see the situation in the field and can interact with students, can do joint learning, the teacher can guide students directly and can direct demonstration and experimental methods.

Keywords : Learning, Physics, Learning Methods, Physics Learning

Downloads

Published

2021-12-13