PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Keywords:
Kecerdasan Majemuk, Kinestetik, Meningkatkan, MetodeAbstract
Pengembangan kemampuan kinestetik pada siswa sekolah dasar sangatlah penting, hal ini dikarenakan kemampuan kinestetik pada siswa dapat digunakan untuk lebih memotivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kepustakaan (library research). Studi kepustakaan (library study) adalah penelitian dengan mengumpulkan data melalui bacaan, literatur, buku, atau beberapa referensi lain yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Studi literatur ini memanfaatkan bacaan-bacaan yang berkaitan dengan penelitian. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa teori kecerdasan majemuk yang digagas oleh para ahli, salah satunya Howard Gardner, mengungkap banyaknya kecerdasan (jamak) yang dimiliki oleh setiap individu. Selain itu juga terdapat strategi untuk meningkatkan salah satu kecerdasan majemuk yaitu kecerdasan kinestetik pada anak sekolah dasar pada umumnya, ada beberapa metode yang digunakan untuk merangsang dan meningkatkan kecerdasan kinestetik. Metode ini disinyalir mampu melatih siswa dalam meningkatkan kemampuan anak dalam kecerdasan kinestetik, juga melalui kegiatan yang mendukung kemampuan kinestetik siswa untuk diarahkan dalam menyalurkannya.