PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PJOK TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MASA PENDEMI DI SD INPRES PALSATU MANUTAPEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran PJOK terhadap keaktifan siswa dalam belajar di masa pandemi SD Inpres Palsatu Manutapen. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling Media bahan ajar berbasis gambar Teknik dasar Menendang bola. Data penelitian berupa data presentase keaktifan siswa yang diambil dari hasil kuisioner pada pertemuan akhir. Subjek adalah siswa kelas III yang berjumlah 10 orang dengan pembelajaran secara daring dan tatap muka. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian media pembelajaran layak digunakan sebagai sumber belajar dan mempengaruhi keaktifan siswa. Penilaian yang dilakukan yaitu; media, materi, uji coba lapangan, motivasi, dan dukungan dari orang tua. Hasil akhir penelitian motivasi menunjukan bahwa guru (90%) tetap memberikan pembelajaran PJOK, sikap guru terhadap siswa (80%), Keluarga menunjukan bahwa (70%), pengaruh dari hasil analisis menunjukan media sangat kurang (50%) bagi peserta didik untuk memahami materi. Analis data akhir menunjukan hasil wawancara guru PJOK dengan mengisi kuisioner guru menunjukan bahwa sangat baik (70%), dengan perbandingan bahwa hasil pembelajaran PJOK masa pandemi kurang, sedangkan hasil wawancara guru mengenai media yang digunakan baik (70%) masa pandemi yang dilakukan secara daring dan tatap muka (offline).