MODEL PEMBELAJARAN RENANG GAYA BEBAS UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR
Keywords:
Model pembelajaran, RenangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran latihan renang gaya bebas untuk anak sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan metode Literatur Review yang mengunakan 13 jurnal dan disaring berdasarkan persyaratan-persyaratan yang telah dikemukakan dalam tahap identifikasi seleksi, kelayakan dan inklusi. Pada tahap seleksi 7 jurnal yang memenuhi syarat dan kelayakan,sedangkan inklusi 4 jurnal yang tidak terdapat kesesuian dengan judul yang peneliti kemukakan dan peneliti keluarkan. Pada tahap seleksi terdapat 7 jurnal yang lolos dan 4 jurnal tidak lolos berdasarkan persyaratan-persyaratan pada tahap tersebut. Pada tahap kelayakantersisa 7 jurnal dan 4 jurnal tersebut layak digunakan berdasarkan persyaratan-persyaratan dalam tahap tersebut. Hingga pada tahap penyaringan inklusi 4 jurnal yang lolos berdasarakan persyaratan-persyaratan. Dan 4 jurnal tersebut di review oleh peneliti, hasil dari Review 4 jurnal ini menunjukkan hubungan yang signifikan dari model pembelajaran latihan renang gaya bebas untuk anak sekolah dasar yaitu adanya pengaruh alat bantu pada pembelajaran renang gaya bebas berupa swim borad yang terdapat pada jurnal Apriliani Shinta dan adanya pembelajaran renang gaya bebas, pengembangan motorik kasar anak yang terdapat pada jurnal Sartono Firman.Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa adanya model pembelajaran latihan renang gaya bebas untuk anak sekolah dasaryang memiliki perubahan terhadap pembelajaran.