Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Terhadap Tingkat Stres Akademik Siswa UPTD SD Inpres Mapoli Kelurahan Air Nona Kecamatan Kota Raja Kota Kupang

Authors

  • Maria Andriani Barek Ladjar Universitas Nusa Cendana
  • Katharina Edeltrudis Perada Korohama Universitas Nusa Cendana
  • Nuruddin Ramadhan Mukin Universitas Nusa Cendana

Abstract

Wabah Covid-19 yang berlangsung di berbagai Negara, terkhususnya di Indonesia, sehingga berdampak kepada masyarakat dan peserta didik tidak bisa bertemu langsung disekolah atau di tempat umum. Memperhatikan kondisi tersebut, pemerintah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama Empat Mentri tentang penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) terhadap tingkat stres akademik siswa. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto kuantitatif, dan sampel penelitian adalah siswa UPTD SD Inpres Mapoli Kelurahan Air Nona Kecamatan Kota Raja Kota Kupang sebanyak 14 Orang. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil uji normalitas untuk variabel PTMT diperoleh nilai sig. sebesar 0,200 > α (0,05) maka  diterima dan di simpulkan bahwa variabel PTMT berdistribusi normal dan untuk variabel stres akademik diperoleh nilai sig. sebesar 0,116 > α (0,05) maka  diterima dan disimpulkan bahwa variabel stres akademik berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji linearitas di peroleh nilai probabilitas 0,368 > α (0,05) maka  diterima yang artinya terdapat hubungan yang linear antara PTMT dan stres akademik. Berdasarkan uji regresi liner sederhana (uji t) diperoleh nilai sig. sebesar 0,155 > α (0,05) maka  di terima dan di tolah  dan keputusan tidak ada pengaruh yang signifikan dari PTMT terhadap stres akademik siswa UPTD SD Inpres Mapoli. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R Squere sebesar 0,161 (16,1%) maka kesimpulan bahwa variabel PTMT memiliki pengaruh terhadap variabel stress akademik sebesar 16.1% yang menyebabkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari PTMT terhadap stres akademik.  Kesimpulan berdasarkan hasil analisis data penelitian, maka dengan ini tidak terdapat pengaruh pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) terhadap tingkat stres akademik siswa UPTD SD Inpres Mapoli Kelurahan Air Nona Kecamatan Kota Raja Kota Kupang.

 

Downloads

Published

2023-08-17