PENGARUH METODE PEMBELAJARAN HOLLOW SPRINT TERHADAP HASIL LARI 60 METER PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PALANGGAY KABUPATEN SUMBA TIMUR
Keywords:
Metode Pembelajaran, hollow sprint, sprint 60 meterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran hollow sprints terhadap hasil lari 60 meter pada siswa kelas V SD Negeri Palanggay Kabupaten Sumba Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa SD Negeri Palanggay dengan jumlah 21 siswa. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh metode pembelajaran hollow sprint terhadap hasil lari 60 meter. Uji Normalitas nilai signifikasi untuk uji kolmogorov 0,169 > 0,05, maka nilai residual ber distribusi normal. Uji Homogenitas nilai signifikasi Based On Mean 0,423 > 0,05, data bervariansi homogen. Uji T-test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,328 > 0,05, maka menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan. Dapat disimpulkan bahwa Ho diterima, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dari metode pembelajaran hollow sprint terhadap hasil lari 60 meter pada siswa kelas V SDN Palanggay Kabupaten Sumba Timur.