Survey Pembelajaran Penjasorkes SD GMIT Waisika 02 Bukapiting Alor
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran penjasorkes di SD GMIT Waisika 02 Bukapiting Alor, Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi SD GMIT WAISIKA 02 Bukapiting yang berjumlah 82 orang. Pembelajaran penjasorkes bertujuan untuk mengerakkan dan mengembangkan aspek psikomotor pada siswa yaitu pembentukan tubuh, pembentukan prestasi, pembentukan social, keseimbangan mental, kecepatan proses berpikir, pembentukan kepribadian. Dalam proses pembelajaran penjasorkes di SD GMIT Waisika 02 Bukapiting ada upaya guru dalam mengelola perilaku peserta didik untuk mengendalikan dan mengontrol aktivitas jasmani para siswa. Adapun factor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yaitu faktor internal dan factor eksternal. Hasil penelitian pembelajaran penjasorkes di SD GMIT Waisika 02 Bukapiting Alor berdasarkan hasil wawancara adalah metode yang digunakan yaitu metode cerama, metode diskusi, metode Tanya jawab, dan metode demonstrasi. Dalam setiap pembelajaran perlu adanya evaluasi agar siswa benar-benar memahami dan menguasai proses pembelajaran. Serta sarana dan prasarana yang belum lengkap tidak menurunkan minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran penjasorkes, dan rana yang paling ditonjolkan dalam penelitian ini adalah psikomotor, afektif dan kognitif.