Upaya Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning
Keywords:
Bola voli, Problem Based LearningAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli melalui model pembelajaran Problem based learning (PEL) pada siswa kelas VIII A SMPN 1 Sekongkang. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan 2 siklus. Subjek penelitian siswa kelas VIII A SMPN 1 Sekongkang jumlah laki-laki 13 dan perempuan 11 objek penelitian ini adalah proses pembelajaran passing bawah bola voli melalui model pembelajaran Problem based learning (PBL). Instrumen penelitian menerapkan tesobservasi dan tes untuk kerja. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli siswa kelas VIII A SMPN 1 Sekongkang dengan menerapkan model pembelajaran Problem based learning (PBL). Setelah dilakukan 2 siklus hasilnya sebesar 87,5% siswa diatas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sehingga terbukti dapat meningkatkan keterampilan passing bawah.