Upaya Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Authors

  • ELMIATI SMP Negeri 1 Sekongkang

Keywords:

Bola voli, Problem Based Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil  belajar passing bawah bola voli melalui model pembelajaran  Problem  based learning (PEL)  pada siswa  kelas  VIII  A  SMPN  1     Sekongkang.  Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan 2 siklus.  Subjek penelitian siswa kelas VIII A SMPN 1   Sekongkang jumlah laki-laki 13 dan perempuan 11 objek penelitian ini adalah proses pembelajaran passing bawah bola voli melalui model pembelajaran Problem based learning (PBL). Instrumen penelitian menerapkan tesobservasi dan tes untuk kerja. Hasil penelitian menunjukan  terdapat peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli siswa kelas VIII A SMPN 1   Sekongkang dengan menerapkan model pembelajaran  Problem  based learning  (PBL).  Setelah dilakukan  2 siklus hasilnya sebesar 87,5% siswa diatas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sehingga terbukti dapat meningkatkan keterampilan passing bawah.

 

Downloads

Published

2023-08-17