Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Penyesuaian Sosial Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Larantuka

  • Afni Mandiri Bethan Universitas Nusa Cendana
  • Muhamad Pua Upa Universitas Nusa Cendana
  • Febriana Universitas Nusa Cendana
  • Marselino K.P. Abdi Keraf Universitas Nusa Cendana
Keywords: Parenting, Students, Social Adjustment, SMK

Abstract

This study aims to describe the parenting style of parents, social adjustment of students, and whether there is a relationship between parenting style and social adjustment of class X students of SMKN 1 Larantuka.ss This research uses a quantitative approach with a descriptive correlational research type. This research was conducted at SMKN 1 Larantuka with a total population of 374 people and a sample of 93 people. The data analysis technique used is descriptive analysis and correlation analysis with the help of the SPSS for Windows 16.00 Version program. Product moment correlation analysis shows that parenting style and social adjustment have a significant and positive relationship with an r count of 0.730, where n = 93 and degrees of freedom (dk) is 91 with a significant level of 5%, so it can be seen that r table of 0.204. Then the value of r count > r table (0.730> 0.204). Based on the results of the study it was concluded that there was a significant and positive relationship between parenting parents and the social adjustment of class X students of SMKN 1 Larantuka.  

References

Apriliana, I. P. A., & Suranata, K. (2020). Effectiveness of Cognitive Behavioral Group Counseling to Increase Self-Confident of Vocational High School Students. Bisma The Journal of Counseling, 4(2), 194-207.

Apriliana, I. P. A., Suarni, N. K., & Dharsana, I. K. (2019). The Effectiveness of The Symbolic Modeling Technique for Intervening the Low Promiscuity of Students. Bisma The Journal of Counseling, 3(1), 1-6.

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Thufula :Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 5(1).https://scholar.google.co.id

Cahyaningsih Dewi.(2010).Pola Pendidikan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Anak.Semarang, Januari

Hurlock, E, B. (1997). perkembangan anak jilid l (Jakarta: erlangga).

Hurlock, Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak (6th ed). Volume 1.Translated by Tjandrasa, Meitasari. Jakarta: Erlangga.

Istiani Ika. (2013).Pengaruh Peran Orang Tua Dan Spiritual Terhadap Prilaku Kekerasan RemajaDi Smp Negeri 2 Rembang Kabupaten Purbalingga, Purwokerto.

Joste Serista, S. (2019). Penyesuaian Sosial (Social Adjustment) Pada Mahasiswa Disabilitas (Skripsi)Universitas Sanata Dharma.

http://repository.usd.ac.id/35557

Maccoby, E.E. and Mc Loby (2000). Contemporary Research On Parenting: The Case For Nature And Nurture. American Psychlogist, 55 (2).

Mardiana, F.,& Rozali, Y. A. (2020). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Penyesuaian Sosial Pada Remaja Tunarungu. JCA of Psychology, 1(02).

Nirmawati.(2018). Pengaruh Penyesuaian Sosial Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Kecamatan BUNGAYA kabupaten GOWA.(Skripsi).UIN Alauddin Makassar.http://repositori.uin-alaudin.ac.id.pdf

Noorjanah Eko Mahesty. (2017). Hubungan Antara Pola Asuh Dan Konsep Diri Dengan Penyesuaian Sosial Siswa Kelas X Jurusan Mekatronika SMK Negeri 7 Semarang (Skripsi) Universitas Negeri Semarang. Di akses melalui: http://lib.unnes.ac.id/31189/1/1301413081.pdf

Nurdin. (2009). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Penyesuaian Sosial Siswa Di Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 9 (1).

Nurhusni, P.A. (2017).Profil Penyesuaian Sosial Remaja Yang Mengalami Kecanduan Mengakses Facebook.Indonesia Journal Of Education Counseling, 1(2).http://www.neliti.com/id/publications/90254

Panewaty, D. F., & Indrawati, E.S. (2020). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa Dalam Asuhan Nenek Di SMP Negeri 1 Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Empati, 7 (1), 145-154.

Prameswari Helen Ayu. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Berkendara Remaja (Usia 12-15 TAHUN) Di Smp Negeri 1 Kabuh Kabupaten Jombang. (Skripsi). Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan.http://repo.stikesicme-jbg.ac.id.pdf

Purwanti, Dian. (2015) Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Penyesuaian Diri Di sekolah Pada Siswa Kelas XI SMA N NAWANGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. (Skripsi)Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia, Kediri.

Rahmadi, R. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian.

Risnita Khalida. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Di SMP NEGERI 1 BAMBEL. (Skripsi).Universitas Islam Negeri AR-RANIRY. Banda Aceh.

Rilfani Yolla Masda.(2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan penyesuaian diri peserta didik di SMP Negeri 7 Padang. Doktor disertasi.Sumatera Barat: STKIP PGRI.http://jim.stkip-pgri-sumbar.ac.id/jurnal

Shima, P. S. (2017). Hubungan Persepsi Terhadap Pola Asuh Orang Tua Dan Harga Diri Dengan Penyesuaian Sosial Siswa Kelas X SMK strada Budi Luhur Bekasi. Psiko Edukasi, 15 (1), 56-66.

Shochib, Moh (2010). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. (Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif Dan R&D Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2022). Metode penelitian pendidikan kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharsono, J.T., Fitriani,A., & Upoyo, A.S. (2009). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Sosialisasi Pada Anak Prasekolah di Tk Pertiwi Purwokerto Utara. Jurnal Keperawatan Soedirman, 4 (3), 112-118.

Sumiani, S. (2008). Hubungan antara pola asuh orang tua dengan penyesuaian sosial siswa kelas l SMKN 2 Malang. Disertasidoktora. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Syamsu Yusuf, (2000) Psikologi perkembangan anak dan remaja, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published
2023-10-20
Section
Articles