INVESTIGASI REMEDIAL DAN PENGAYAAN MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI

  • Shinta Indah Prastiwi Universitas Nusa Cendana
  • Juita Siregar Universitas Nusa Cendana
  • M Hidayat Universitas Nusa Cendana

Abstract

Abstrak

Telah dilakukan penelitian mengenai Invesigasi remedial dan pengayaan mata pelajaran Fisika di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Remedial adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperbaikin nilai yang dibawah standar ketuntasan minimal atau biasa disebut KKM. Pada pembelajaran remedial pendidik membantu perserta didik untuk memahami kesulitan belajar yang dihadapin secara mandiri. Metode yang digunakan dalam pembelajaran remedial juga dapat bervariasi sesuai dengan sifat, jenis dan latar belakang kesulitan para perserta didik dalam belajar Tujuannya agar dapat mempermudah perserta didik dalam memahami kompetensi dasar. Perserta didik yang sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan dinyatakan tuntas dapat diberikan pengayaan. Pengayaan adalah suatu bentuk pengajaran yang diberikan kepasa siswa yang sangat cepat memahami materi dalam belajar Adapun tujuan pengayaan tersebut untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan siswa terhadap materi yang diberikan atau yang sedang dipelajarin agar siswa dapat belajar secara baik. Pelaksanaan program pengayaan dilakukan secara berkelompok ataupun secara perorangan (Individual). Program pengayaan berupaya mengembangkan keterampilan berpikir, kreativitas keterampilan memecahkan masalah dan eksperiman 

Kata kunci: Hasil belajar, remedial, pengayaan

 Abstract

Research has been carried out on remedial investigations and enrichment of Physics subjects at senior high school 8 Jambi City. Remedial is an activity that aims to improve scores that are below the minimum standard of completeness or commonly called KKM. In remedial learning, educators help students to understand the learning difficulties they face independently. The methods used in remedial learning can also vary according to the nature, type and background of the students' difficulties in learning. The goal is to make it easier for students to understand basic competencies. Students who have reached the minimum completeness criteria (KKM) and are declared complete can be given enrichment. Enrichment is a form of teaching given to students who are very quick to understand the material in learning. The purpose of the enrichment is to increase students' understanding and insight into the material given or being studied so that students can learn well. The implementation of the enrichment program is carried out in groups or individually (Individual). The enrichment program seeks to develop thinking skills, creativity, problem-solving skills and experimentation

 Keywords: learning outcomes, remedial, enrichmen

Published
2021-12-14