Analisis Struktur dan Kinerja Pasar Jagung Muda di Kecamatan Kupang Timur
Keywords:
Jagung Muda, Kinerja Pasar, Struktur pasarAbstract
Penelitian ini telah dilaksanakan di Kelurahan Oesao Kecamatan Kupang Timur, dengan tujuan untuk menganalisis struktur dan kinerja pasar jagung muda. Teknik pengambilan data yang digunakan ditingkat petani adalah Teknik simple randoom sampling, sedangkan ditingkat pedagang menggunakan Teknik Snowball sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pangsa pasar, konsentrasi pasar, hambatan masuk pasar, diferensiasi produk, dan informasi pasar yang digunakan untuk mengukur struktur pasar. Kinerja pasar diukur dengan menggunakan margin pemasaran dan farmer share. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa struktur pasar jagung muda yang terjadi di Kelurahan Oesao merupakan pasar Oligopoli. Terdapat dua bentuk saluran pemasaran yaitu (1) saluran pemasaran dari petani - pedagang pengumpul – konsumen, Saluran pemasaran (2) petani – pedagang pengumpul – pedagang luar daerah- konsumen akhir. Margin pemasaran jagung muda tertinggi terdapat pada saluran pemasaran kedua. Farmer share pada saluran pertama lebih besar (efektif) dari farmer share saluran kedua (tidak efektif).