STRATEGI PEMASARAN KOPI (STUDI KASUS: DI UNIT PENGOLAHAN HASIL WULANG PARI COFFEE) KOTA RUTENG KABUPATEN MANGGARAI
Keywords:
Analisis SWOT, IFAS-EFAS, Strategi Pemasaran, Keputusan Pembelian KonsumenAbstract
Peneltian tentang Strategi pemasaran Wulang Pari Coffee bertujuan untuk (1) mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal yang menentukan pemasaran Wulang Pari Coffee (2) mengetahui strategi pemasaran Wulang Pari Coffee, dan (3) mengetahui pengaruh harga, lokasi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Juli sampai Agustus 2023 di Unit Pengolahan Hasil (UPH) Wulang Pari Coffee yang terletak di Kota Ruteng Kabupaten Manggarai. Nara sumber dalam penelitian ini terdiri dari pemilik satu orang, pegawai empat orang, dan konsumen UPH Wulang Pari Coffee berjumlah 20 orang. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah metode wawancara berpedoman pada kuisioner. Untuk mengetahui strategi pemasaran digunakan analisis SWOT dan untuk mengetahui pengaruh harga, lokasi, dan kualitas terhadap keputusan pembelian dianalisis dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang menentukan pemasaran Wulang Pari yaitu faktor internal terdiri dari kualitas produk, varian, cita rasa, kemasan menarik dan harga terjangkau dan faktor eksternal yang berpengaruh adalah pangsa pasar, penggunaan teknologi dan informasi, meningkatnya permintaan produk, dan kebijakan pemerintah. Berdasarkan analisis SWOT pemasaran Wulang Pari berada di kuadran 1. Strategi pemasaran yang paling tepat untuk digunakan yaitu memperluas jaringan pemasaran dengan pihak tertentu, dan mempertahankan kualitas dan cita rasa produk dengan tetap menggunakan bahan baku yang bermutu bagus. Harga dan lokasi produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen sedangkan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di UPH Wulang Pari Coffee