Pengembangan Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Melalui P5 dalam Kurikulum Merdeka
Keywords:
Kompetensi abad 21, Pengembangan, Implementasi, Kurikulum Merdeka, P5Abstract
Mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang mampu menghadapi tantangan abad 21 merupakan suatu perjuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kompetensi peserta didik abad 21 melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologi yang bertujuan untuk mengeksplorasi fenomena pembelajaran proyek peserta didik melalui program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Teknik pengambilan data penelitian ini bersifat purposive sampling. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 25 peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah analisis fenomenologi. Hasil analisis data yang diperoleh diinterpretasi dicocokan dengan teori yang sesuai. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan kompetensi peserta didik abad 21 melalui program P5 dalam kurikulum merdeka dapat dirasakan oleh peserta didik secara langsung. Pengembangan kompetensi peserta didik abad 21 dikembangkan ke dalam berbagai tema kegiatan P5, sehingga semua peserta didik merasakan implikasi dari program P5. Maka dari itu, penelitian ini mendukung temuan penelitian sebelumnya yang menyebutkan bahwa program P5 dapat mengembangkan kompetensi peserta didik abad 21 dalam hal character (karakter), citizenship (kewarganegaraan), critical thinking (berpikir kritis), creativity (kreativitas), collaboration (kolaborasi), dan communication (komunikasi).
References
AB, S., Harahap, V. S., & AK, A. (2022). METODE KOMUNIKASI INTER PERSONAL PADA PELAYANAN PELANGGAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PERSERO) RAYON TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH (Studi deskriptif keluhan tarif listrik di kampung Bebesen). Telangke:Jurnal Telangke Ilmu Komunikasi, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.55542/jiksohum.v4i1.137
Andhianto, P. A., Fitriani, Y., & Nuroniah, P. (2024). Penerapan Pembelajaran STEAM Berbasis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) di Satuan PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 314–326. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.547
Asni, W., Vita, I., & Dadang, A. (2018). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Project Based Learning pada Siswa Kelas V SDIT LHI. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1430–1440.
Badan Nasional Sertifikasi Profesi. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006. Indonesia.
Creswell, J. (2007). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Traditions. USA: Universitas Of Nebraska-Lincoln.
Fauziah, G. E., & Rohmawati, A. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA) pada Siswa MI: Sebuah Upaya Membangun Karakter. Ibtida’, 04(02), 214–225.
Fitriana, N. (2018). Komunikasi Ritual Seniman Dalam Memproduksi Karya Seninya (Studi Fenomenologi mengenai Komunikasi Ritual Seniman Rizki Luthfi Wiguna dalam memproduksi Karya Seni Patung dan Lukisan di ISBI Bandung). Universitas Komputer Indonesia.
Greenstein, L. (2012). Assessing 21st century skills: A guide to evaluating mastery and authentic learning. Corwin Press.
Hasanah, E., Ghazy, M. I. Al, & Akbar, S. (2023). Pengembangan Keterampilan Kepemimpinan Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek, 9(1), 373–381. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4579/http
Hasanah, E., & Supardi, S. (2020). The meaning of javanese adolescents’ involvement in youth gangs during the discoveries of youth identity: A phenomenological study. Qualitative Report, 25(10), 3602–3626. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2020.4409
Jayanti, R., Ratna Rinayuhani, T., & Hasanudin, C. (2022). Pendampingan Siswa Smk Palapa Mojokerto Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Sebagai Bentuk Dimensi Kreatif Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 281–290. Retrieved from http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS
Jupp, V. (2015). Purposive Sampling. In The SAGE Dictionary of Social Research Methods. https://doi.org/https://doi.org/10.4135/9780857020116.n162
Kay, K., & Greenhill, V. (2010). Twenty-first century students need 21st century skills. In Bringing schools into the 21st century (pp. 41–65). Springer.
Lickona, T. (2013). Mendidik untuk membentuk karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Mahmudah, L. (2016). Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses Di Madrasah. Jornal Elementary, 4(1), 167–187.
Mangangantung, J., Pantudai, F., & Rawis, J. A. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1163–1173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4962
Miller, B, S. (2015). The 6Cs Squared Version of Education in the 21st Century. Retrieved from www.bamradionetwork.com
Munawar, M., Roshayanti, F., & Sugiyanti, S. (2019). IMPLEMENTATION OF STEAM (Science Technology Engineering Art Mathematics) - BASED EARLY CHILDHOOD EDUCATION LEARNING IN SEMARANG CITY. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 276. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p276-285
Oktariani, D., Nasution, R. A., & Meldina, T. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar di SDN 17 rejang lebong. Retrieved from http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4699
Palayukan, H., Palengka, I., Panglipur, I. R., & Mahendra, I. W. E. (2023). Pendampingan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Penerapan Merdeka Belajar Pada Tingkat Sma. Communnity Development Journal, 1(4), 8403–8408.
Papke-Shields, K., & Malhotra, M. (2001). Assessing the impact of the manufacturing executive’s role on business performance through strategic alignment. Journal of Operations Management, 19, 5–22. https://doi.org/10.1016/S0272-6963(00)00050-4
Rashid, D. Y., Rashid, A., Warraich, M., Sabir, S., & Waseem, A. (2019). Case Study Method: A Step-by-Step Guide for Business Researchers. International Journal of Qualitative Methods, 18, 160940691986242. https://doi.org/10.1177/1609406919862424
Rizal, Y. K., & Nur, L. (2024). Implementasi Program P5 dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal, 24(20), 227–237.
Rosyda, M. K. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Meningkatkan Karakter Kreatif dan Gotong Royong bagi Siswa di SMP Negeri 6 Ponorogo. Retrieved from http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28827
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, S. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Retrieved from https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1679308669_manage_file.pdf
Satyanandani, K. A., Fridha, M., & Palupi, T. (2023). Citra Diri Virtual pada Pengguna Instagram ( Studi Dramaturgi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Untag Surabaya ), 9(1).
The Partnership for 21st Century Skills. (2008). 21st Century Skills, Education, and Competitiveness: A Resource and Policy Guide. Retrieved from http://www.p21.org/storage/documents/21st_century_skills_education_and_competitiveness_guide.pdf
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons.
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309
Yanti, R. A., & Novaliyosi, N. (2023). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Skill yang dikembangkan dalam Tingkatan Satuan Pendidikan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2191–2207. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2463
Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, Dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.