Archives

  • PERAN PENDIDIKAN GEOGRAFI DALAM TRANSFOMASI PENDIDIKAN INKLUSI SAINS DAN TEKNOLOGI MENUJU SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS 2030
    Vol. 2 No. 02 (2024)

    Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs terdiri atas 17 tujuan yang disepakati pada September 2015 oleh negara-negara anggota PBB, akan memandu pencapaian tujuan global yakni pembangunan berkelanjutan hingga tahun 2030. Sifat saling terkait dan terintegrasi ini untuk menyeimbangkan tiga dimensi pembangunan berkelanjutan, yaitu ekonomi, sosial, dan lingkungan. Dalam jangka panjang, tercapainya SDGs akan mewujudkan kehidupan manusia dan keberlangsungan dunia yang lebih baik. Atas dasar itu makan Program Studi Pendidikan Geografi melakukan Seminar Nasional untuk memfasilitasi dan menjawab tantangan yang dimaksud dengan judul “Peran Pendidikan Geografi Dalam Transfomasi Pendidikan Inklusi Sains Dan Teknologi Menuju Sustainable Development Goals 2030 “.

  • INOVASI PEMBELAJARAN GEOGRAFI MENGHADAPI TRASFORMASI PEMBELAJARAN ABAD 21 PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR
    Vol. 1 No. 1 (2023)

    Pembelajaran geografi dilakukan berdasarkan kurikulum yang berlaku. Dengan dijalankannya kurikulum merdeka, maka pembelajaran geografi perlu diarahkan untuk menjawab tantangan tersebut. Inovasi pembelajaran perlu untuk dilakukan guna memfasilitasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum. Oleh karena itu pengajar geografi dan calon pengajar geografi perlu dipersiapkan secara baik agar mampu memfasilitasi kegiatan pembelajaran geografi sesuai dengan perkembangan zaman dan tuntutan kurikulum yang dimaksud. Atas dasar itu makan Program Studi Pendidikan Geografi melakukan Seminar Nasional untuk memfasilitasi dan menjawab tantangan yang dimaksud dengan judul “Inovasi Pembelajaran Geografi Menghadapi Trasformasi Pembelajaran Abad 21 Pada Kurikulum Merdeka Belajar“.