Disparitas Mutu Pendidikan Di Wilayah Perbatasan (Refleksi Masyarakat Pinggiran Indonesia di Provinsi Nusa Tenggara Timur)

Authors

  • Hamza H. Wulakada

Keywords:

Disparitas, Mutu Pendidikan, Wilayah Perbatasan

Abstract

Pendidikan berkualitas yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat bagi semua adalah target SDGs ke-4 selaras dengan amanat UUD 1945. Disparitas pembangunan antar wilayah dapat mempengaruhi mutu pendidikan sehingga tulisan ini bertujuan memotret kondisi sosial budaya masyarakat di wilayah perbatasan yang potensial dijadikan intrumen peretas ketidak-setaraan dalam penyelenggaraan pendidikan antar wilayah. Pendekatan studi literatur dan observasi lapangan untuk mengkonfirmasi data sekunder kemudian dilakukan analisis kecenderungan parameter yang berbanding hasil observasi. Sajiannya juga menggunakan pendekatan kualitiatif untuk mendeskripsikan data margin dan analisis konten untuk membaca kecenderungan data. Rendahnya tingkat keterjangkauan bukan hanya karena minimnya ketersediaan sarana prasarana namun karena kesempatan menjangkau akses yang relatif terbatas sehingga dibutuhkan lebih banyak pembelajaran di luar kelas bagi pelajar di wilayah perbatasan. Pelibatan masyarakat di sekitar lingkungan sekolah beserta segenap kearifan lokalnya dapat memacu tingkat partisipasi masyarakat untuk bersekolah. Konsep tentang pendidikan iknlusif seyogyanya tidak terbatas pada keterbatasan fisik dan mental dari peserta didik tapi juga memiliki aturan teknis tentang inklusifitas pendidikan di wilayah perbatasan, terluar, terpencil dan kepulauan.

References

Arriani, F. (n.d.). Pendidikan Inklusif - Direktorat PMPK. https://pmpk.kemdikbud.go.id/. https://pmpk.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2024/04/Panduan-Pelaksanaan-Pendidikan-Inklusif.pdf

BPS NTT, B. N. (n.d.). Statistik Pendidikan Provinsi Nusa tenggara timur 2023. https://ntt.bps.go.id/id/publication/2024/05/16/af2a444f08ff857d1ea86a63/statistik-pendidikan-provinsi-nusa-tenggara-timur-2023.html

Bappenas (Ed.). (n.d.). Peta Jalan sdgs indonesia - menuju 2030 - bappenas. https://sdgs.bappenas.go.id/. https://sdgs.bappenas.go.id/website/wp-content/uploads/2021/02/Roadmap_Bahasa-Indonesia_File-Upload.pdf

Benavot, A. (2016). Assuring quality education and learning: Lessons from Education for All. Prospects, 46, 5-14.

Demetriou, A., & Spanoudis, G. (2018). Growing minds: A developmental theory of intelligence, brain, and education. Routledge.

Doriza, S., Purwanto, D. A., & Maulida, E. (2012). Dampak Desentralisasi Fiskal terhadap Disparitas Akses Pendidikan Dasar di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 13(1), 3.

Erianjoni¹, E., Beri, D., & Yusra¹, A. (2023, January). Contextual Sociology Teaching Materials for High School Sociology Learning. In Proceedings of the Unima International Conference on Social Sciences and Humanities (UNICSSH 2022) (Vol. 698, p. 189). Springer Nature.

Itasari, E. R. (2020). Hak Pendidikan di Wilayah Perbatasan Dalam Kerangka Konstitusi Republik Indonesia. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(1), 79-100.

JinJie, X. (2023). Reassessing Vocational Education in China: A Perspective from PISA. Routledge.

Kennedy, P. S. J., Tobing, S. J. L., Toruan, R. L., Tampubolon, E., & Nomleni, A. (2019, May). Isu Strategis Kesenjangan Pendidikan Di Provinsi Nusa Tenggara Timur. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 619-629).

King, M. (2023). Doing MOOCs in Dili: Southern agency and open online learning in Timor-Leste.

Mamengko, K. M., Tobu, E., & Arman, Y. (2023). Analisis Masalah Pengelolaan Kawasan Perbatasan Antara Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Dan Negara Timor Leste. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(5), 10-24.

Nama, D. Y., & TANGGUR, F. S. (2022). Disparitas Media Pembelajaran Pada Era Digitalisasi Pendidikan Di Wilayah Perbatasan Ri-Rdtl (Refleksi Pembelajaran Online Daerah Perbatasan). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 5(2), 295-305.

Nong, R. (2024, June 5). News analysis Pinjam Pakai Gedung Sekolah, Pengamat: Libatkan OPD Urusan Perbatasan. Pos-kupang.com. https://kupang.tribunnews.com/2024/06/05/news-analysis-pinjam-pakai-gedung-sekolah-pengamat-libatkan-opd-urusan-perbatasan

OECD. (2019). An OECD Learning Framework 2030. The Future of Education and Labor, 23-35.

Purwanti, Y. (2022). Disparitas Fasilitas Pendidikan dan Tenaga Pengajar Sekolah Menengah Atas di Indonesia Menggunakan Metode Spatial Fuzzy C-Means. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 12(02), 15-22.

RI, B. (n.d.). Laporan Kinerja 2023 Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan. Publikasi - Badan nasional pengelola perbatasan Republik Indonesia (BNPP RI). https://bnpp.go.id/publikasi

Rokhman, F., Hum, M., & Syaifudin, A. (2014). Character education for golden generation 2045 (national character building for indonesian golden years). Procedia-Social and Behavioral Sciences, 141, 1161-1165.

Tanggur, A. S. P. K. (2024, January 26). Begini Kata Pengamat soal Anak kaskostrad Mengajar Bahasa Indonesia di Perbatasan Timor leste. Pos-kupang.com. https://kupang.tribunnews.com/2024/01/26/begini-kata-pengamat-soal-anak-kaskostrad-mengajar-bahasa-indonesia-di-perbatasan-timor-leste

Widiputera, F., & Agung, I. (2023). Mr. Private University Barriers to World-Class Education: The Case of Indonesia. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 12(2), 100-112.

Wijayanti, P. R., Suwartono, T., & Kusuma, L. (2022). Perception of vocational school students towards online learning and their TOEIC scores. International Journal for Educational and Vocational Studies, 4(1), 35-41.

Wulakada, H. H. (n.d.)., 2021, Login: Jurnal Geografi. Login | Jurnal Geografi. http://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jgeo/issue/view/417

Downloads

Published

2024-12-09