Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Di Smp Negeri 14 Kupang Kecamatan Alak Kota Kupang
Keywords:
Model Pembelajaran, Project Based Learning, Hasil Belajar, Aktifitas BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa SMP Negeri 14 Kupang kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif metode eksperimen dengan Desain Quasi Eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 60 siswa. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa adalah Lembar observasi sedangkan untuk hasil belajar siswa adalah tes berupa pilihan ganda sebanyak 15 soal yang telah divalidkan. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan menggunakan t-test untuk mengetahui hasil belajar siswa. Temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol lebih rendah dibandingkan dengan kelas eksperimen, dengan presentase keaktifan 57,50%-72,50% yang dikategorikan aktif dan pada kelas eksperimen 80%-87,50% dengan kategori sangat aktif. (2) Hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen (VIII A) dengan menggunakan Project Based Learning diperoleh nilai rata-rata 82,83 sedangkan kelas kontrol (VIII B) diperoleh nilai rata-rata 78,67. (3) Berdasarkan hasil aktivitas dan hasil belajar siswa terdapat pengaruh penggunaan model Project Based Learning pada proses pembelajaran. (4) Nilai aktivitas siswa menunjukkan kelas Eksperimen > kelas Kontrol, sehingga H1 diterima dan Hasil uji t juga menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) < 0,002 sehingga H1 diterima.
References
Alfi, C & Wibangga, D. S, 2023. Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan Role Playing untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMAN 2 Malang.Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 7(4):768-776.
Ammar, M. A. (2023). Transformasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pendidikan sebagai Landasan Menuju Kualitas Hidup yang Lebih Unggul. Jurnal Mustanir, 1(1).
Hairunisa, H., Hakim, A. R., & Nurjumiati, N. (2019). Studi Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas Mahasiswa Program Studi PGSD Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 9(2), 93-96.
Saputra, H. (2023). Me Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendidikan Agama Islam. JURNAL ABSHAR: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam dan Humaniora, 2(1), 17-26.
Mayuni, K. R., Rati, N. W., & Putrini, L. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ) Terhadap Hasil Belajar Ipa. 2(2), 183–193.
Meliana, M., Dedy, A., & Budilaksana, R. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Rendahnya Hasil Belajar Siswa di SD Negeri Karang Ringin 1. Journal on Education, 5(3), 9356–9363. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1742
Wahida, F. (2015). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Parigi. JSTT, 4(3).
Yuristia, A. (2018). Pendidikan sebagai transformasi kebudayaan. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1), 1-13.
Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).